Apa yang Salah dengan Jurusan Sastra Indonesia??? (1)





“Mba Din, sekarang udah jadi anak kuliahan ya?” 
 
“Alhamdulillah…”

Wah, hebat ya mba. Kuliah dimana mba?”

“Undip mba. Universitas Diponegoro, Semarang”

Wah, hebat banget mba. Padahal katanya masuk situ susah lho”

“Alhamdulillah, saya mungkin cuma kebetulan lagi beruntung aja”

Wah, hebat banget deh pokoknya. Jurusan apa mba?”

“Sastra Indonesia”

Oh…

(Kemudian hening)

***

Begitulah kira-kira percakapan saya dengan orang-orang yang biasanya pada kepo tentang perkuliahan saya sekarang. Well, saya sekarang masih tercatat sebagai mahasiswi Sastra Indonesia (menuju) semester lima. Tinggal nunggu IP aja yang gak keluar-keluar. Dicek berkali-kali nilai yang keluar gak nambah-nambah. Mungkin para dosen itu lupa gimana rasanya di-PHP-in sama IP. Sakitnya tuh disini... (nunjuk hati).

Oke, kita kembali kepercakapan di atas. Setiap orang yang nanyain saya pasti awalnya pada bilang “Wah… Hebat”, dan kalimat pujian lainnya. Tapi semua berubah setelah mereka menanyakan tentang jurusan. Biasanya mereka sih ekspresinya macem-macem, tapi yang jelas bukan lagi berupa pujian, tapi lebih ke kecewa, meremehkan,bahkan hinaan. Huhuhuhu…

Berikut adalah beberapa ekspresinya:

“Oh…”

“Apa? Sastra Indonesia? Mau jadi apa?”

“Sastra Indonesia? Sekolah tinggi-tinggi cuma buat belajar bahasa Indonesia?”

Lebih nyebelin lagi kalau ada yang pura-pura telinganya bermasalah, kaya gini nih:

“Kamu jurusan apa?”  

“Sastra Indonesia”

“Apa?”

“Sastra Indonesia!!”

“Apa? Gak denger?”

“S A S T R A  I N D O N E S I A”

Pokoknya masih banyak lagi deh ekspresi nyebelin lainnya. Jadi ibaratnya yang tadinya saya di puji-puji setinggi langit ketujuh, mendadak langsung dihempasin ke kerak bumi paling dasar.Rasanya bahkan lebih sakit daripada cuma diPHPin sama IP.

Memang saya dulu mengambil jurusan ini atas inisiatif saya sendiri, gak ada pemaksaan darimana pun. Bahkan dulu saya menempatkan Sastra Indonesia di pilihan pertama. Dan Alhamdulillah lolos. Saya bersyukur banget waktu itu. Tapi gara-gara omongan orang-orang yang gak penting itu, saya sempat merasa minder juga. Apakah jurusan yang saya ambil ini salah?

Ya!!! Mungkin jurusan yang saya ambil ini memang salah, menurut mereka yang tidak tahu passion saya. Mungkin jurusan yang saya ambil ini memang salah, bagi mereka yang senang menganggap remeh suatu ilmu. Padahal yang ngeremehin belum tentu bisa. Tapi ada satu hal yang paling penting dan hal inilah yang membuat saya mantap mengambil jurusan Sastra Indonesia, yaitu perkataan Umar bin Khattab "Ajarkanlah sastra kepada anak-anakmu, karena itu dapat mengubah anak yang pengecut menjadi pemberani". Dan, saya percaya bahwa tidak ada ilmu yang sia-sia, kecuali ilmu santet, perdukunan, pokoknya itulah yang bikin kita jadi manusia yang durhakas ama Allah SWT.

(Bersambung…)       


0 komentar: