ADAPTASI!!!



Salah satu yang paling memuakkan di dunia ini adalah ADAPTASI, kata itu ingin sekali saya blacklist dalam kamus pribadi saya. Konyol memang, gak mungkin seseorang gak mengalami proses adaptasi.  Dalam hidup adaptasi adalah satu hal yang pasti akan terjadi. Gak cuma sekali dua kali tapi bisa sampai jutaan kali selama kita hidup.
Sekolah baru, lingkungan baru, adaptasi. Pergi ke mall, berada di keramaian, adaptasi. Naik angkot, dikelilingi orang-orang asing, adaptasi. Pelajaran membuka bab baru, mendengarkan penjelasan yang masih terdengar asing, adaptasi. Seolah hidup ini sudah sesak dengan satu kata mutlak, ADAPTASI.
Adaptasi adalah monster yang paling menakutkan didunia ini, makhluk aneh yang seolah selalu siap menghancurkan mimpi baru dan selalu berhasil memusnahkan rasa percaya diri yang sudah saya pupuk begitu lama. Jangan tanya apa yang sebenarnya saya takutkan? Saya sendiri bigung apa yang sebenarnya saya takutkan.Ini memang konyol!
Saya butuh waktu berjam-jam cuma buat mondar-mandir gak jelas dikamar waktu hari pertama kuliah. Bahkan malamnya pun saya juga gak bisa tidur gara-gara mikir besok gimana ya? Seniornya galak gak ya? Teman-temannya ntar orangnya gimana ya? Bisa gak ya saya kalo disuruh ini atau itu? Ntar kalo gini gimana? Atau kalo kaya gitu gimana? Aaaarrrghhhh!!!!
Adaptasi adalah fase yang paling menakutkan dan paling susah dalam hidup, melebihi susahnya soal UN Fisika! Itulah mengapa saya selalu membutuhkan waktu yang lamauntuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Normalnya orang beradaptasi dengan lingkungan baru biasanya gak butuh waktu lama. Beberapa hari saja cukup, bahkan ada yang cuma butuh waktu beberapa jam saja. Aku? Males sih sebenernya kalo bahas soal ini, karena waktu buat adaptasi bagi seorang SAIDAH FIDINILLAH gak cukup cuma sehari dua hari atau paling lama seminggu. Tapi saya membutuhkan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan pernah juga sampai bertahun-tahun.
Gak mungkin! Itu reaksi orang-orang kalo saya ceritain, mungkin gara-gara saya cerewet banget kalo udah ketemu sama orang yang klop. Entahlah... Tapi yang jelas waktu SD, enam tahun itu gak cukup buat saya mengalahkan satu musuh besar bernama ADAPTASI. Enam tahun itu berarti 2190 hari. Wow, betapa pengecutnya saya!
Pernah ngerasain gak selama 2190 hari dalam hidupmu kamu dijuluki patung oleh teman-temanmu? Saya pernah... Dan itu adalah enam tahun paling memuakkan dalam hidup saya. :’D
(Coretan awal kuliah, dan baru saya temukan lagi saat semester empat. :D)

0 komentar: